Wisata Candi Prambanan sering dikaitkan dengan kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bodowoso. Dimana Bandung Bondowoso mau menikahi Roro Jonggrang, karena terlanjur terpincut dengan Roro Jonggrang yang jelita, Bandung Bondowo pun bersedia memnuhi 2 persyaratan dari Roro Jonggrang:

1. Membuat sebuah sumur Jalatunda

2. Mendirikan 1000 Candi dalam waktu satu malam. 

Roro jonggrang meminta Bandung Bondowoso membangun sumur Jalatunda, setelah selesai Bandung Bondowoso diminta untuk masuk ke dalam sumur tersebut. Ketika Bandung Bondowoso sudah di dalam sumur Jalatunda, Roro Jonggrang memerintahkan Patih Gupala untuk menimbun sumur dengan tanah dan mengubur hidup- hidup Bandung Bondowoso di dalamnya. Karena kesaktiiannya Bandung Bondowoso dapat keluar dari dalam sumur yang telah menimbunnya. Mengetahui bahwa ia dijebak Bandung Bondowoso pun sangat marah pada Roro Jonggrang dan mendatangi Roro Jonggrang. Akan tetapi berkat kecantikan dan bujuk rayu Roro Jonggrang, membuat kemarahan Bandung Bondowoso mereda. Dan Bandung Bondowoso bersedia memenuhi persyaratan yang kedua yakni mendirikan 1000 candi dalam waktu satu malam. 

Dalam melaksanakan pembangunan 1000 candi, Bandung Bondowoso mengarahkan segala kekuatannya dan meminta bantuan para Jin. Mengetahui bahwa Bandung Bondowoso meminta bantuan Jin dan akan berhasil, maka Roro Jonggrang ingin menggagalkan Bandung Bondowoso dengan meminta bantuan para gadis- gadis untuk membakar jerami dan menumbuk lesung, supaya terlihat pertanda pagi matahari mulai terbit, kemudian lesung dipukul agar ayam berkokok pertanda pagi sudah tiba. Sehingga saat mendengar suara lesung yang dipukul, ayam jantan mulai berkokok, sehingga para jin yang sedang bekerja membangun candi mengira bahwa pagi telah tiba dan meninggalkan tempat itu. 

Melihar para jin yang berhenti bekerja karena dikira hari telah pagi, Bandung Bondowoso memanggil Roro Jonggrang untuk menghitung Candi yang di bangun. Setelah dihitung ternyata candi tersebut hanya berjumlah 999 buah candi. Menyadari tipu muslihat Roro Jonggrang Bandung Bondowoso pun murka dan akhirnya mengutuk Putri Roro Jonggrang menjadi Candi yang ke Seribu (1000). 

Semenjak saat itu Candi Sewu

Copyright © 2017 Padhetour.com All rights reserved.